Story

Sejarah Singkat Blang Rakal

Setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Syiah Kuala 1986, saya bekerja di PT. Aceh Agro Bisnis (PT. AAB) berlokasi di desa Blangrakal, Kab Aceh Tengah (1988 – 1993). Perusahaan tersebut merupakan Joint Venture antara PT. AAF Kr. Geukuh dengan Berdikari Grup Jakarta, Pemda Aceh dan beberapa perusahaan, membuka usaha penggemukan sapi potong dan sapi perah (Fattening and Dairy Farm) berbentuk Feedlot didukung KSO Dirjen Peternakan dengan memanfaatkan lahan hijauan makanan ternak (BPT-HMT) di desa Blangrakal.

Dengan latar belakang pengetahuan dan pengalaman diatas serta dukungan perusahaan saya memulai usaha pada tanggal 03 Februari 1994 dengan nama Blang Rakal Meat Shop dikawasan Peunayong, Banda Aceh. Fokus usaha adalah penjualan daging segar (lokal), daging beku (impor) serta memproduksi seperti Dendeng Sapi dan Bakso. Target pasar utama adalah  rumah tangga, juga untuk kebutuhan Horeka (Hotel, Restoran, dan Katering/Kafe).

Pada tanggal 26 Desember 2004, bencana gempa dan tsunami datang, hanya dalam 10 menit menghancurkan usaha yang telah kami bangun selama 10 tahun. Secara finansial perusahaan kolaps (bangkrut) neraca keuangan minus. Alhamdulillah berkat semangat juang dalam berusaha pantang menyerah, mengingat tanggung jawab yang besar, sejumlah karyawan dan keluarga yang menggantungkan nasibnya dalam usaha tersebut.

Pada tanggal 26 Januari 2005, Blangrakal Meat Shop mencoba bangkit dan bangun kembali dengan sisa peralatan dan modal yang minim di garasi perumahan kawasan Villa Citra Kp. Pineung, Banda Aceh.

Melihat respon custumer selama di garasi pada tanggal 28 Februari 2005, Blangrakal dengan konsep baru Meat Shop dan Market pindah ke kawasan Lamlagang, Banda Aceh yang lebih refesentasif akhirnya menjadi kawasan perkantoran dan domisili para pekerja asing (Expatariat) yang bekerja pada NGO baik Nasional dan Internasional. Selama 5 tahun mereka bekerja diberbagai NGO dan lembaga seperti BRR,UN, World Bank,ADB,KFW,GTZ, Umcor, Unicef, Usaid, Auscare, Save Children, world Vision, International Red Cross, Islamic Relief, Turkey Red Cross,America Redcross, Swiss Contact, Canadian Red Cross ,Cardi,CRS, dan banyak (mungkin ratusan)  NGO lainnya.

Kehadiran pekerja asing (ekspatariat) tersebut membuka peluang pasar tersendiri, mengingat banyak dan variasi  produk makanan yang dibutuhkan. Kami berusaha menyediakan  kebutuhan tersebut, terutama produk makanan impor (fine food) berasal dari berbagai negara,  yang diperoleh langsung  dari Importir dan distributor, mulai dari susu, keju, es krim, sereal, jus, daging olahan (hot dog,hamburger,sosis,kentang), salmon asap, aneka pastry dan berbagai bumbu dan produk lainnya dengan konsep Gourmet.sehingga toko Blangrakal  pada saat itu sering disebut oleh pelanggan  “Bule market”.

Sementara itu sejak Mei 2005-2007 usaha produksi Dendeng Sapi pindah ke Medan mengingat suasana dan kondisi kota  masa tersebut belum mendukung dari sisi polusi  lingkungan.

Atas permintaan customer. awal tahun 2006-2009 kami membuka “Ranch Coffee Shop” berdampingan dengan market, menu utama Pasta, Sandwich dan Steak, disamping Kopi Arabica Gayo sabagai andalan. Pertimbangan nya adalah untuk memudahkan pelanggan, setelah berbelanja melakukan pertemuan (lunch meeting), makan minum dan bisa menggunakan jaringan Wifi (internet) untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman (berada  jauh di negaranya ) diluar jam kantor, mengingat Blangrakal sudah menjadi salah satu  titik pertemuan diantara pelanggan.

Menyadari masa kerja NGO dan BRR akan berakhir tahun 2009 sementara kelangsungan usaha Blangrakal harus kami lanjutkan, pada tanggal 03 September 2007 kami membuka outlet baru berlokasi di kawasan Beurawe (sekarang berdampingan dengan Hermes Mall) dengan konsep “belanja prakstis, produk selektiv, dan  selalu tersedia dalam keadaan segar” . Kami mencoba memahami kebutuhan pelanggan, terutama bagi pelanggan yang setiap hari sibuk bekerja, tidak memiliki waktu yang cukup untuk urusan dapur, sehingga produk yang ditawarkan lebih ringkas  dan praktis,dengan konsep “Ready to cook, ready to fry, ready to bake dan ready to eat”, mulai daging sapi, ayam, kambing, salmon, sayuran, bumbu dapur, petis, kluwek dan kue basah, beberapa produk pastry, produk olahan seperti nugget, sosis, burger, baso, kentang, susu segar, minyak zaitun, butter, sereal, pasta dan berbagai kebutuhan rumah tangga (grocery) yang mengacu kepada konsep "makanan sehat" yaitu "Helthy Food" menuju "Healthy Life Style".

Sejalan dengan berakhirnya masa kerja BRR dan NGO di Aceh, pada akhir tahun 2010 outlet pertama di kawasan Peunayong dan Lamlagang ditutup dijadikan satu ke tempat baru yang menaungi kegiatan administrasi (kantor), produksi dan market yang beralamat di Jl.Tgk Chiek Pantekulu No 218-219 (Perdagangan Ujung) Merduati, Banda aceh.

Alamat

Jl. Tgk Chiek Pantekulu
No.218-219 (Perdagangan Ujung) Merduati
Banda Aceh, INDONESIA

Jl. T.Hasan Dek
No. 95-96 Beurawe
Banda Aceh, INDONESIA

Telepon

(0651) 635726



(0651) 22787

Fax

(0651) 635725


Email

blangrakal@yahoo.co.id